5 Tips Berkendara Untuk Pelajar

645 views

Tips Berkendara untuk Pelajar – Motor sudah menjadi mode transportasi yang sangat banyak di gunakan di berbagai macam kalangan. Jenis motorpun saat ini berameka ragam dengan teknologi dan desain yang lebih baru, ada motor sport, matic, motor bebek, trail dan masih banyak lainnya. Tetapi dengan banyaknya pengguna sepeda motor, angka kecelakaanpun semakin tinggi setiap tahunnya . Terutama temaja yang paling beresiko mangalami kecelakaan di jalan, karena beberapa remaja ada yang masih di bawah umur, tidak memiliki SIM( Surat Ijin Mengemudi ) serta safety riding yang selalu di abaikan.

pelajar-naik-motor-pic

Untuk lebih meningkatkan keamanan, baiknya para Remaja atau pelajar memperhatikan 5 Tips Berkendara untuk Pelajar, agar tetap aman dan terhindar dari kecelakaan. Tipsnya sebagai berikut :

  1. Cukup Umur

Bagi setiap pengendara motor harus sudah cukup umur , sesuai undang-undang yang terulis pada pas 81 ayat 1-4 Undang-undang No.22 Tahun 2009, mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

  1. SIM ( Surat Ijin Mengemudi )

Ketika pelajar sudah cukup umur memang sudah memnuhi syarat untuk menggunakan kendaraan bermotor, tetapi harus memiliki SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) yang menjadi point penitng, apakah pelajar tersebut layar untuk mengemudi atau tidak.

  1. Sehat Jasmani rohani

Semua syarat Lalu Lintas sudah di penuhi, tetapi harus di perhatikan juga kondisi tubuh sang pengendara, apakah dalam keadaan fit atau tidak. Ketika dalam keadaan sakit atau strees di usahakan tidak mengendarai motor agar tidak terjadi kecelakaan di jalan. Hal ini menjadi penyebab kecelakaan jika tidak di perhatikan. Istirahatlah yang cukup dan makan-makanan yang bergisi agar tetap segar saat berkendara.

  1. Kondisi Kendaraan

Periksa juga kondisi kendaraan yang hendak di gunakan. Perikasa kekencangan rantai sepeda motor, kondisi ban, renga depan dan belakang serta kondisi mesin yang harus prima.

  1. Perangkat Keamanan

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah petangkat keamanan yang di gunakan, seperti helm, spion, jaket. Di usahakan menggunkana Helm dengan starndart Nasional Indonesia ( SNI) untuk melindungi kepala dari benturan keras dan dua spion yang membuat pengendara lebih leluasa untuk melihat kendaraan lain yang berada di belakangnya.

Semoga dengan artikel 5 Tips Berkendara untuk Pelajar ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi baru untuk anda. Terimakasih (Taufik/)

Tags: #berkendara #pelajar #tips

Leave a reply "5 Tips Berkendara Untuk Pelajar"