5 Warna Kartu Slip Tilang Yang Wajib di Ketahui

981 views

 Para pelangar peraturan lalulintas memang kini sudah marak terjadi, apalagi pelangaran yang di lakukan tersebut akan membuahkan sebuah masalah yang akhirnya si pengendara mobil atau motor di tilang leh polisi. Alasan polisi menilang sang pengguna jalan tersebut memang memiliki berbagai macam pelanggaran yang di langgar salah satunya yaitu, tidak menggunakan helm SNI untuk pengguna motor dan spion yang tidak lengkap dan yang paling baru adalah penggunaan knalpot racing yang menimbulkan kebisingan. Untuk pengguna mobil biasanya di tlang karena tidak menggunakan sabuk pengaman dan masih banyak lainnya.

5 Warna Kartu Slip Tilang

Tentu saat kita di tilang kita akan di berik kartu slip tilang oleh pak polisi karena telah melanggar peraturan lalulintas. Kartu slip tilang yang di berikan oleh polisi memiliki 5 warna yang tentunya akan berbeda dengan wran satu dan warna lainnya. Warna kartu slip tilang tersebut adlah warna merah, biru, kuning, hijau dan warna putih. Tetapi kebanyakan orang masih belum mengetahui fungsi ke 5 warna kartu slip tilang tersebut sehingga orang yang di tilang banyak di bodohi oleh oknum polisi yang nakal.

Nah di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai ke 5 warna  fungsi kartu slip tilang tersebut, penjelasan yang kami dapat ini merupakan penjelasan yang di lontarkan oleh Divisi Humas Mabes Polri melalui akun jejaring sosial facebooknya.

  • Warna Merah : Untuk kartu warna merah yang di berikan oleh polisi yaitu sang pelanggar peraturan lalulintas harus menghadiri sidang yang di tentukan untuk mengusut secara tuntas tindak pelanggaran tersebut.
  • Warna Biru : Kartu berwarna biru di tujukan untuk sang pelanggar agar membayar denda pelanggaran yang di lakukan lewat bank dengan nomer rekening yang sudah di tujukan.
  • Warna Kuning : Di berikan untuk sang anggota polisi
  • Warna Putih : Kartu slip tilang yang terakhir ini di berikan kepada kejaksaan.

Untuk pelanggar peraturan lalulintas yang di kena tilang akan ada dua cara penilangan dengan memberikan kartu slip tilang :

1.  Di berikan kartu Warna Merah Untuk Mengikuti Sidang

Para pelangar lalulintas yang akan di berikan kartu slip tilang warna merah untuk mengikuti sidang agar semua permasalahan selesai dan anda akan di kenakan denda yang berlaku untuk bisa mendapatkan SIM / STNK yang di tilang tersebut di kantor Satlantas. Jika ada pungutan liar saat di berikan slip kartu merah dan di minta sejumlah uang, harap anda tolak karena oknum tersebut merupakan oknum nakal dan harus di laporkan.

2. Di berikan kartu Slip Tilang Karena Mengakui Kesalahannya

Kartu Slip tilang warna biru di berikan jika anda sudah mengakui kesalahan anda dan anda bersedia untuk menerima hukuman denda yang di wajibkan. Anda bisa membayar denda tersebut ke bank BRI yang sudah di tujukan dengan membayar denda maksimal ( denda deposit ), Dan setelah sang pelangar mengikuti sidang sisa denda yang telah di depositkan tersebut tersebut akan di kembalikan dengan menujukan bukti hasil sidang yang sudah di jalani.

Semoga dengan info ini anda dpaat mengetahui mengenai kartu Slip Tilang yang ada saat ini dan tidak bisa di bodohi oleh oknum-oknum nakal yang berkeliaran.

Tags: #info #Kartu Slip Tilang #pelanggaran

Leave a reply "5 Warna Kartu Slip Tilang Yang Wajib di Ketahui"