Akibat mengisi radiator dengan air biasa

470 views

motorsiana.com – radiator dan air radiator merupakan sistem pendinginan mesin yang paling ampuh. fungsinya tentu saja untuk menekan panas yang terjadi di ruang bakar mulai dari blok sampai dengan silinder head. bukan lepas dari perawatan, justru motor yang berpendingin cairan atau radiator wajib untuk diganti dan diperiksa secara berkala termasuk juga kualitas air radiatornya.

arantan-ktm-duke-200-isi-radiator

body silinder yang dikonstruksi dengan penginginan cair tidak memakai sirip – sirip silinder seperti pendingin udara. apabila sirkulasi airnya terhambat atau airnya berkurang saja panasnya akan lebih cepat naik. bahkan lebih sering untuk mengalami overheat, onderdil cepat rontok dan bensin juga akan lebih boros. nah hayo banyak sekali akibat yang bisa ditimbulkan.

perlu anda ketahui jika tidak emua air dapat digunakan sebagai air pendingin motor. jika diisi dengan air sembarangan tentu akan membuat jalur air menjadi berkerak. iya kalau kerak nasi masih bisa dimakan, apabila kerak air bisa membuat sirkulasi menjadi tersumbat. apalagi jika airnya merupakan air tanah yang dekat dengan air laut, maka keraknya akan lebih cepat menempel. selain itu air mandi yang licin seperti masih bersabun juga akan memberepat proses karatnya.

air yang seperti itu memang mengandung logam mineral yang tinggi dan berbeda dengan air di pengunungan. namun ya sama saja bisa membuat karat tetapi lebih lama dibanding dengan air tanah yang dekat dengan laut.
lalu apakah boleh jika menggunakan air biasa? yah tentusaja boleh asal dalam keadaan darurat dan tidak dijadikan sebagai air utama. artinya agar aman ya harus menggunakan water coolant.

periksalah juga kondisi radioator core. biasanya ada kotoran seperti batu kecil yang menempel. dan agar tidak merusak gunakanlah obeng min dan dengan perlahan untuk mencungkinya.

intinya sekali lagi jangan lupa gunakanlah water coolant atau air radiator untuk motor anda.

Leave a reply "Akibat mengisi radiator dengan air biasa"