Beda Koil Motor Injeksi dengan CDI

1811 views

motorsiana.com – berhati – hatilah saat anda ingin membeli koil jangan sampai salah membeli. sebelum membeli sesuaikanlah terlebih dahulu sistem kelistrikan dan sistem bahan bakar dari motor anda. mengapa demikian karena ada perbedaan yang cukup signifikan antara koil yang dibuat untuk motor yang menggunakan ECU atau electronic control unit dan juga ECM atau Electronik control module sebagai otak dari pengapian dan kelistrikan motor anda dengan motor karburator yang menggunakan aplikasi CDI sebagai otak pengapian motor.

Beda Koil Motor Injeksi dengan CDI

resistor yang ada pada motor CDI biasanya tahanan resistornya berkisar antara dibawah 1.5 ohm, namun untuk motor injeksi tekanan resistornya bermaik pada kisaran 2 ohm. perbedaan ini terkait dengan cara kerja yang berbeda dari komponen penghantar dari percikan api ke busi. pada koil CDI output yang dihandarkan dari CDI dilipatgandakan lagi oleh koil. sedikit bingung begini jadinya misalnya dari output yang keluar sekitar 200 volt maka oleh koil tersebut diipat gandakan sampai dengan menjadi 20000 volt.

perbedaan kedua koil ini sebenarnya ada pada di durasi percikan. untuk CDI durasi spark atau kata lainnya percikan api lebih pendek.  namun sebaliknya jika koil injeksi percikannya dapat diubah, dapat diubah menjadi lebih panjang meskipun hitungannya dalam satuan mili second atau disingkat menjadi ms.  nah untuk mengubahnya dapat melalui ECU / ECM.
nah dengan begitu koil injeksi memiliki proses percikan api yang lebih besar namun juga tergantung dari voltase aki. jadi dapat disimpulkan bukan dari CDI. jika arus aki stabil, maka percikan api akan lebih bagus. ada kaitannya juga dengan mengapa jika motor injeksi yang tidak memakai aki menjadi mogok kecuali jika terdapat kapasitor.

sedikit tambahan lagi dari teknisi service PT astra honda motor atau AHM mengatakan biasanya tegangan maksimal yang dikeluarkan oleh koil tipe CDI akan lebih kecil dibandingkan dengan koil yang digunakan pada mesin injeksi. pada koil tipe mesin injeksi tegangan puncak koilnya lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. nah begitu tutur dari teknisi sebuah perusahaan terbesar tersebut.

Tags: #tips

Leave a reply "Beda Koil Motor Injeksi dengan CDI"