Cara Jitu Setel Rantai

310 views

motorsiana.com – sobat motorsiana hidup itu gak boleh tegang – tegang kalau terlalu tegang bisa stroke loh. nah begitu juga dengan rantai motor, bahaya akan mengintai jika terlalu tegang. ketegangan rantai yang terlalu tinggi dapat menyebabkan komponen – komponen dari rangkaian rantai seperti sproket depan, sproket belakang, bantalan pada transmisi dan juga roda belakang akan mengalami beban tambahan.

Ukur-Kekencangan-Rantai-Motor

terlepas dai keausan dalam beberapa kasus yang ekstrim rantai bisa putus atau poros transmisi menjadi patah. jika terlalu kendur juga dapat merosor dari spoket.

posisi motor
aturlah ketegangan rantai dengan benar. salah satu caranya dengan mendirikan motor mengguakan standart paddock.dengan memakai standart tengah, roda belakang menjadi menggantung sedangkan pada standart paddock beban motor tetap terbagi menjadi dua antara roda depan dan belakang.

posisi gigi netral.
sebelum anda menyetel pastikan gigi dalam posisi netral. dan perhatikan saat anda menyetel rantai pastikan rantai yang berada diatas lengan ayun harus dalam keadaan tegang.

ukuran ketegangan rantai harus sesuai dengan anjuran namun untuk rangenya sih 2 sampai 3 cm.

jarak main
unuk pemakaikan dengan beban yang tidak menentik kita juga harus memperhatikan jarak main sockbreker untuk menyetel ketegangan rantai.