Cara Memberbesar pengapian Motor Dengan Relay

2622 views

motorsiana.com – memang sangat banyak sekali cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan power serta torsi motor hari anda. salah satunya dengan memperbesar tegangan pengapian busi. cara lebih cepatnya sih dapat secara langsung mengganti CDI atau koil yang versi aftermarket. namun itu biasanya dilakukan oleh orang yang berkantong tebal saja. namun bagi anda yang memiliki modal kecil, simak saja ulasan ini sampai selesai.

relay

saya kasih tau yah. prinsipnya memperbesar input arus ke CDI sehingga output listrik menuju koil akan menjadi lebih besar. dan yang pasti trik ini hanya bisa dilakukan oleh motor yang berjenis DC.

nah yang dibutuhkan disini yakni relay 12V yang memiliki empat kaki yang nantinya akan digunakan untuk men jumper kabel dari aki langsung ke CDI. selain itu juga membutuhkan kabel, soket, isolasi dan gunting. pokoknya gak nyampek 50ribu dah.

oke langsung saja. pertama siapkan relay lalu sambungkan kabel pakai sokat pada empat kaki. perhatikanlah kode angka pada setiap kaki relay. nah untuk ini kita contohkan pada honda beat karena lebih mudah sebab posisi aki dan CDI berdekatan.
gunting kabel output dari kontak soke CDI (merah strip hitam) lalu sambungkanlah ke kaki relay yang berkode angka 85. sedangkan untuk kabel yang menuju soke CDI sambungkan dengan kaki relay yang emiliki kode 87. untuk kode 86 itu massa/ground dan untuk 30 ke positif aki. nah jangan lupa biar aman balut dengan isolasi di setiap sambungan.

dan setelah selesai, putar kunci kontak ke arah on dan coba hidupkan motor. jika hidup berarti anda telah berhasil. dan kalau anda mau bukti silahkan tes arusnya dengan alat pengukur tegangan pada output koil. atau langsung ajak berkeliling dan rasakan bedanya.

Leave a reply "Cara Memberbesar pengapian Motor Dengan Relay"