Cara Mengecek Penyebab Klakson Motor Mati

1028 views

Motorsiana.com – Klakson motor memang menjadi perangkat yang wajib dan harus ada pada sepeda motor. Sebab dengan klakson kita bisa memberikan tanda kepada pengendara lain saat ingin menyalip ataupun yang lainnya. Komponen yang dimiliki oleh klakson jangan di abaikan dan tetap harus di rawat agar klakson masih dapat berfungsi dengan baik.

2012_10_16_02_54_38_detail3

Jika klakson yang dimiliki oleh motor anda mengalami kerusakan, maka suara klakson tidak akan keras lagi malahan akan semakin kecil suaranya bahakan tidak bersuara. Dengan begitu, salah satu cara yang di lakukan yaitu dengan mengganti klakson tersebut dengan klakson yang baru lagi. Tetapi itu akan merogoh kocek kita lagi. Alangkah baiknya anda memriksa terlebih dahulu penyebab timbulnya masdalah pada klakson motor anda.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai Cara Mengecek Penyebab Klakson Motor Mati :

  1. Kondisi Aki Motor

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan cara memeriksa Akin motor apakah masih berfungsi atau memang sudah tekotr. Jika aki motor masih dalam keadaan baik-baik saja, starter elektrik dan lampu indicator pada speedometer akan tetap menyala dan starter elektrik bisa di gunakan. Tapi jika Aki sudah tekor lampu indicator speedometer tak akan menyala serta starter elektrik tak akan berfungsi.

  1. Cek Bagian Kabel Klakson

Jika dalam pengecekan Aki ternyata tidak bermasalah, sekarang coba anda cek bagian kabel yang terhubung langsung dengan klakson. Kabel klakson umunya terdiri dari dua buah kabel, jika salah satu kabel ada yang putus maka itulah penyebabnya.

  1. Baut Platina

Jika aki dan kabel masih aman-man saja, cobalah periksa bagian baut platina klakson. Jika baut platina pada klakson tidak tepat atau berubah-ubah maka akan membuat klakson tidak berbunyi. Untuk cara mengatasinya, buka mur pengunci dengan menggunakan tang, kemudian putar dengan obeng agar posisi baut lebih presisi dan tidak berubah lagi. Cobak tes apakah klakson sudah berbunyi atau tidak.

  1. Kondisi Sakelar

Jika penjelasan di atas tidak menyebabkan klakson mati dan baik-baik saja, cobakalah periksa bagian sakelar. Biasanya penyebab yang umum klakson tidak berbunyi adalah bagian sakelar. Sakelar kemungkinan dalam kondisi kotor atau berkarat, lalu untuk cara mengatasinya bisa dengan cara melepaskan rumah sakelar dari stang motor dan bersihkan dengan amplas halus dan gunakan cairan anti karat untuk membuat karat yang menempel hilang.

Semoga dengan tips Cara Mengecek Penyebab Klakson Motor Mati ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian terimakasih.

Tags: #2015 #klakson motor #tips baru

Leave a reply "Cara Mengecek Penyebab Klakson Motor Mati"