Cara Mudah Merawat Motor Saat Hujan

645 views

motorsiana.com – bagi pengendara atau pemilik motor pada saat musik hujan seperti pada saat ini harus ekstra keras agar motor yang anda miliki tidak cepat rusak. nah bagi anda yang tidak menginginkan motor kesayangan anda tidak cepat rusak, team tedaksi motor siana akan memberikan sedikit tips untuk anda mengenai cara merawat motor agar tidak cepat rusak saat berada dalam musim hujan seperti saat ini. baiklah tidak usah panjang lebar berikut merupakan tips untuk anda

hujan

1 Cuci Motor
apabila motor anda saat berkelana terkena guyuran air hujan, ada baiknya anda mencuci motor anda segera. tak usah bersih juga tak apa – apa yang penting terkena air bersih karena zat air hujan lebih asam dari pada air bersih pada umumnya. keasaman zat pada air hujan akan menyebabkan bukan hanya body yang terbuat dari logam yang cepat berkarat namaun cat dari motor anda juga akan termakan dan menjadi kusam.

2. Ban
setelah anda selesai menerjang genangan air hujan, ada baiknaya anda mengecek tekananudara dari ban anda, dan pastikan sesuai dengan tekanan yang di anjurkan atau dengan kata lain tekanan udara standar ban. selain memeriksa ban ada baiknya juga anda membersihkan bagian ban tesebut karena bukan tidak mungkin ban anda akan kotor karena lumpur – lumpur yang melekat pada ban anda. lumpur yang menempel akan berbahaya jika terus dikendarai salah satu bahayanya yakni dapat membuat pengendara tergelincir karena licinnya lumpur yang melekat tersebut.

3. Rantai
rantai merupakan bagian lain yang sering bermasalah ketika setelah dikendarai di tengah guyuran air hujan. terlebih lagi jika motor tersebut tidak menggunakan penutup rantai, karena air hujan akan memicu terjadinya karat pada rantai tersebut. dan jika sudah sedikit saja berkarat kemungkinan terputusnya rantai sudah tak dapat di elakkan lagi.
pada sisi lain mungkin juga terjadi saat melewati lubang yang tak terlihat karena tertutup air hujan. jika terkena hal demikian rantai akan cepat kendur. kendurnya rantai akan mempercepat gigi gir untuk tumpul dan cepat patah.

4. Busi
setelah motor selesai digunakan ada baiknya anda mencabut cop atau karet penutup dari busi lalu anda tiup dan lap dengan airbersih. bersihkan juga bagian elektroda atau sumbu yang terletak di bagian bongol busi. namun untuk bagian elektroda tidak harus dibersihkan setiap hari saat terkena hujan.

5. Knalpot
pada umumnya yang terjadi yakni pada bagian dalam knalpot dan juga bagian leher ketika terkena air atau kotoran yang menempel pada bagian tersebut akan menyebabkan keroposnya leher dan bagian dalam knalpot.
oleh sebab itu, apabila motor anda melibas genangan air terutama air hujan dan apabila masih ke dalam motor anda, segeralah lepas dan keluarkan air tersebut. jangan sampai anda biarkan sampai mengering dengan sendirinya. setelah anda keluiarkan dan anda bersihkan panasi mesin dan kemudian semprotkan oli kedalam bagian knalpot dan olesi juga bagian leher knalpot dengan oli tersebut. untuk olinya jangan oli yang baru terlalu mahal, oli bekas saja karena fungsinya untuk menangkal air san kotoran yang akan menempel pada knalpot anda.

baiklah mungkin hanya itu tips merawat motor saat hujan dari redaksi kami semoga dapat membantu dan berguna bagi anda.
terimakasih
team motorsiana.com

Tags: #Merawat Motor Saat Hujan

Leave a reply "Cara Mudah Merawat Motor Saat Hujan"