Cek Kondisi Jarum Indikator Bensin Secara Rutin

829 views

Motorsiana.com – Dengan adanya jarum bensin yang berguna untuk memantau kapasitas bensin yang ada pada tangki tentunya akan sangat membantu agar anda tidak kehabisan bensin saat di jalan, ketika jarum bensin sudah menunjukan tanda merah, berarti itu saatnya anda harus mengisi motor anda dengan Bahan bakar lagi agar dapat di gunakan dan tidak mati di tengah jalan.

Fuel-Gauge

Tetapi jika jarum oenunjuk kapasitas bensin sudah mulai rusak, maka pemantauan bensin akan sulit di lakukan dan salah satu cara untuk melihat kapasitas bensin adalah dengan membuka tangki bensin secara langsung dan ini akan sangat menyita waktu anda saat berkendara. indicator penunjuk bensin memiliki usia juga dan harus segera di perbaiki. Biasanya jika sudah lebih dari 5 tahun, jarum indicator bensin akan sedikit ngaco dan tidak akan sama dengan kapasitas bensin yang dimiliki, padahal kapasitas bensin masih penuh, tetapi indicator menujukan bensin sudah habis.

Ada baiknya anda selalu mengecek keadaan indicator jarum bensin agar tetap baik dan jika terjadi hal yang akan membuat indicator bensin rusak bisa di cegah
Di bawah ini Cara Mengecek Jarum Indikator Bensin Yang benar :

  1. Cek Aki atau Baterai

Yang pertama di lakukan adalah dengan cara mengecek Aki atau Baterai pada sepeda motor anda. Jika aki masih dalam keadaan baik tentunya tidak akan terjadi masalah. Tapi jika aki sudah soak akan mempengaruhi indicator jarum bensin. Untuk ciri-ciri aki soak adalah starter elektrik tidak akan bisa hidup, kalkson akan mati.

  1. Pelampung

Cek bagian pelampung di dalam tangki bensin. Buka jok sepeda motor dan lihatlah pada sebelah tangki bensin, biasanya aka nada besi dengan kabel yang di rekatkan ke bodi dengan menggunakan baut. Bukakalah dengan menggunakan obeng dan lepaskan soketnya. Sambungkan dua kabel yang menganga tersebut dengan menggunakan jumper tau penghantar listrik. Jika setelah di sambungkan lalu speedometer bergerak, maka dapat di pastikan pelampung bermasalah. Switch pelampung mulai renggang karena sudah terkena tekanan ketika bensin di kucurkan saat mengisi bensin di SPBU.

  1. Kelistrikan Kabel

Cek kabel yang menghubungkan ke jarum indicator bensin. Cek dengan menggunakan alat pengukur arus, jika ada yang tidak normal berarti kabel bermasalah dan harus di ganti dengan yang baru.

  1. Speedometers

Jika semua factor di atas aman-aman saja dan tidak berpengaruh pada kerusakan jarum indicator bensin, maka dapat di pastikan speedometer rusak. Dengan begitu dapat mengganti speedometer dengan yang baru jika sudah mengalami keruskan yang parah. Tapi jika masih bisa di perbaiki, bawalah ke bengkel trerdekat yang sudah berpengalaman.

Semoga artikel Cara Mengecek Jarum Indikator Bensin Yang benar ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Terimakasih sudah berkunjung.

 

Tags: #indikator #jarum bensin #tips

Leave a reply "Cek Kondisi Jarum Indikator Bensin Secara Rutin"