Fungsi Saklar Darurat Pada Motor

281 views

Motorsiana.com – motor – motor saat ini atau bisa sih disebut motor modern, selain menggunakan kunci kontak sebagai piranti standart juga ada loh saklar off darurat. fungsinya sendiri sih untuk mematikan mesin secara darurat bahkan bisa mematikan mesin walaupun saklar masih dalam keadaan on.

engine-stop

nah saklar off darurat terserbut di dalam dunia otomotif disebut dengan engine cut off. cara menggunakannya sih sangat simple cukup geser saja sehingga dapat mematikan mesin bila terjai insiden. warna saklarnya sih biasanya warna merah dan menonjol maksudnya agar mudah dikenali.

menurut manager senior bagian teknnisi AHM mengatakan keduanya mempunyai fungsi yang lebih spesifik. saklar odd yang berupa tombol atau knop kerjanya membuat hubungan pendek atau korslet pad sistem pengapian.

nah karena sistem kerja saklar darurat hanya menggangu aliran listrik maka sifanya sementara, artinya jika mesin dimatikan menggunakan saklar darurat off ini sebenarnya arus listrik tetap mengalir melalui kunci kontak. dan karena arus listrik dari aki masih menyambung, mendiamkan motor berlama – lama mati disebabkan oleh saklar off darurat akan membuat setrum di baterai berkurang. kalau sudah begitu saat menghidupkan lagi bisa jadi aki sudah menjadi tekor.

jadi saklar off darurat memang hanya digunakan dalam keadaan darurat. kalau mau mematikan motor secara permanen atau berlama – lama yah harus lewat kunci kontak seperti biasanya. jangan menggunakan saklar off darurat.

Leave a reply "Fungsi Saklar Darurat Pada Motor"