Jadi mekanik sendiri setelah jalan jauh

1419 views

motorsiana.com – hai sobat tau kan kalau bengkel dan pengendara itu saling membutuhkan. tapi yah jangan terlalu bergantung dengan bengkel terus donk. sebagai pengendara motor paling tidak harus mengerti soal motor meskipun tidak haus jadi tukang.

mekanik-bengkel-resmi

sebagai pengendara motor tidak perlu gan untuk bisa membongkar mesin sampai ke jeroannya. ibaratnya sih hanya merawat atau memberi pertolongan pertama pada kecelakaan. nah bagi yang ingin menjadi mekanik instan apalagi usai mudik nih ada tipsnya.

rawat rantai
melakukan perjalanan yang jauh dapat membuat rantai menjadi keras. pengalir tenaga dari mesin ke roda ini biasanya dapat mengendur atau kurang pelumasan karena debu, kotoran dan hujan. apabila tidak segera diberi pertolongan pertama rantai bisa cepat aus.

cara merawatnya sih sederhana cukup dengan dua kunci. untuk mengendurkan as roda menggunakan kunci 17, 21 atau 22 lalu tensioner rantai pakai kunci 10, 12, atau 14.
untuk mengerjakannya dahului dengan mengendurkan mur as roda lalu mulai setel tensioner dan perhatikan anjuran pabrik.

menyetel jarak main rem
selain menguras tenga motor juga sering menguras kampas rem. khusus untuk motor yang masih gigit tromol anda harus aktif setel jarak main rem. sebaiknya jangan terlalu jauh dan juga jangan terlalu dekat.

ganti kabel kopling atau gas
gejala kabel gas dan kopling yang mulai tidak optimal sangat bisa dikenali biasanya saat gas diputar terasa seret. jadi bahaya kan kalau kabel gas atau kabel kopling putus ditengah jalan. untuk mengganti kabel gas memang cukup kotor sih karena membongkar selongsong gas danmenyusupkan kabel baru.

Leave a reply "Jadi mekanik sendiri setelah jalan jauh"