Jenis-Jenis Filter dan Cara Membersihkannya

626 views

Motorsiana.com – Filter udara adalah bagian pada sepeda motor yang menggunakan teknologi karburator yang memiliki fungsi untuk menyaring debu yang masuk. Filter udara adalah saringan udara yang sangat penting pada motor saat proses pembakaran bahan bakar. Filter udara akan menyaring udara yang masuk agar tidak ada debu yang masuk sehingga pembakaran bahan bakar bisa berjalan dengan sempurna. Jika filter udara sudah rusak, maka akan sangat fatal, karena debu dan kotoran lainnya akan masuk dan akan menggores dinding silinder, sehingga performa motor akan semakin menurun dengan seiring waktu.

20110630filter_1

Sebelumnya anda harus tau terlebih dahulu jenis-jenis filter yang dimiliki motor saat ini dan cara memperbaikinya agar silinder motor tetap awet dan performa motor tetap nyaman saat di gunakan.

Jenis Filter Konvensional

Jenis Filter konvensional ini biasanya bahan yang di gunakan adalah Busa. Filter ini kebanyakan di gunakan oleh motor lawas yang di buat pada tahun 2005 ke bawah. Untuk cara perawatan filter konvensional ini adalah dengan cara menyiram dan merendamnya dengan menggunakan campuran air dan sabun. Setelah itu keringkan filter ini dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari langsung atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan angin bertekanan tinggi atau kompresor. Agar filter konvensional lebih maksimal lagi bisa di lapisi dengan oli agar debu dan kotoran dapat tertangkap dengan baik. Jika busa sudah mengeras berarti dan pori-pori fliter sudah tidak Nampak lagi, filter minta di ganti.

Filter Jenis Kertas ( Kering )

Filter Kertas ( kering) ini memiliki kelebihan di bandingkan jenis konvensional, bahannya agak lebih tebal dan filter ini di juluki dengan nama Filter “dry Element” yang artinya bahan yang di gunakan lebih tebal dan dapat menyaring kotoran dengan baik tanpa merusak filter. Cara perawatan jenis filter kertas( kering ) ini juga sangat gampang, yang harus anda lakukan hanya menyemprot filter ini dengan udara bertekanan tinggi dengan cara meyemprotkan angin secara berlawanan dengan udara yang masuk. Ada baiknya filter jenis ini di ganti setiap 8000km sekali.

Filter Jenis Kertas ( Basah )

Filter yang terakhir ini adalah filter baru yang memang banyak di gunakan oleh sepeda motor matic saat ini. Bahan yang di gunakan oleh filter ini sama dengan filter jenis Kertas ( Kering ) tetapi perbedaannya terletak pada bagian kertasnya yang jika di raba akan sedikit basah, karena terdapat pelumas yang akan memudahkan untuk menangkap kotoran yang akan masuk. Untuk cara mebersihkannya tidak sama dengan yang lainnya. Jangan sesekali mencucinya dengan air ataupun menggunakan angin bertekanan tinggi karena akan merusak filter ini. Cara membersihkannya hanya dengan memukulnya secara perlahan agar kotoran bisa runtuh secara perlahan. Ada baiknya filter kertas ( basah ) ini di ganti setiap 1500 km sekali.

 

Tags: #berita terbaru #cara membersihkan #jenis filter

Leave a reply "Jenis-Jenis Filter dan Cara Membersihkannya"