Membuat Lampu Hazard Untuk Semua Motor

859 views

PASANG LAMPU HAZARD – Sudah tau belum lampu hazard itu apa? Eemmm belom tau yaaa ? Lampu Hazard itu adalah lampu sein yang menyala bersamaan seperti pada mobil dan moge( motor gede ) yang sering kita jumpai di jalanan. Pada mobil untuk menghisupkan lampu hazard tinggal memencet tombol segitiga merah dan akan hidup semua. Untuk kegunaan lampu hazard sendiri adalah untuk memberitahukan bahwa kendaraan dalam kondisi yang tidak baik atau dalam keadaan darurat, seperti kecelakaan, ban bocor, mogok dan yang lainnya. Pada motor matic atau motor bebek dan motor lainnya, lampu hazard memang tidak disediakan, tapi dengan sedikit tangan kreatif maka sepeda motor apapun bisa menggunakan lampu hazard dengan sangat mudah. Lalu Bagaimana Caranya? Bahan apa saja yang di perlukan?
Di Bawah ini kami uraikan cara Membuat Lampu Hazard Untuk Semua Motor :

hazard pada motor

Cara yang di gunakan untuk membuat lampu hazard pada motor memang cuku simple, gak terlalu ribet. Prinsipnya tinggal menghubungkan antara lampu sein kiri dan lampu sein kanan, nah kendalanya Flasher pada motor tidak cukup kuat untuk untuk mengedipkan keemapat lampu sein yang dimiliki oleh motor. Flasher sendiri berfungsi untuk mengedipkan lampu sein sehingga memberikan tanda saat ingin berbelok atau ingin menepi. Flasher yang kuat dan dapat di gunakan adalah Flasher mobil, Flasher mobil juga tidak akan berdampak negative pada komonen lainnya, gak perlu takut aki tekor atau system kelistrikan rusak. Dampaknyacuman lampu sein akan berkedip cepat.
cara menggantu Flasher motor juga terbilang mudah, flasher motor biasanya terletak di bagian kanan dekat dengan aki, jika masih bingung cobak anda hidupkan lampu sein dan flasher akan berbunyi “tiktok tiktok”.
Langkah-langkah Menggantinya bisa anda simak di bawha ini :

  1. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat lampu hazard adalah, Flasher mobil, kabel saklar, solasi dan obeng. Semua bahan tersebut bisa anda dapat dengan mudah di bengkel-bengkel terdekat.
  2. Temukan terlebih dahulu letak flasher dan setelah and atemukan bukak penutup body samping, cari flasher dan jika sudah ketemu, silahkan ganti flasher biasa dengan flasher mobil. Cara menghubungkannya adalah Flasher mobil memiliki 3 kaki, 2 buah kaki langsung di sambungkan dengan socket dan satunya lagi di hubungkan ke jalur masa (ground) pada motor menggunakan kabel. Pastikan sambungan kaki socket dan kabel rapat dan segera di isolasi agar tidak terjadi konsleting.
  3. Jika sudah di pasang dengan benar, coba anda hidupkan lampu sein, lampu akan berkedip tapi dengan sedikit lebih cepat dari biasanya.
  4. Untuk membuat kedipan lampu sein tidak cepat dan bersamaan, silahkan anda bongkar headlamp motor dan cari kabel positif kedua lampu sein( sebelah kanan dan kiri ).
  5. Jika sudah di temukan, sambungkan keduanya agar lampu tetap bisa di bigana seperti biasanya dan gunakan saklar untuk menyambungkannya.
  6. Nah sekarang lampu Hazard modifan sendiri sudah jadi dan siap di gunakan. Untuk menghiudpkannya caranya sangat mudah, anda tinggal memposisikan saklar pada posisi “ON” danuntuk mematikannya tinggal di posisikan ke “OFF”.

Semoga dengan artikel Membuat Lampu Hazard Pada Motor dapat berguna buat anda. Terima kasih (taufik/)

Tags: #lampu hazard #modifikasi #tip dan trik

Leave a reply "Membuat Lampu Hazard Untuk Semua Motor"