Mengatasi masalah karburator yang semprotannya terlalu kencang

922 views

Mengatasi masalah karburator yang semprotannya terlalu kencang.

Pada beberapa jenis komponen pada motor, memanglah ada beberapa bagian motor yang ternyata memiliki fungsi yang simple namun fatal, dimana fungsinya tersebut sangat erat kaitannya dengan kinerja mesin pada motor.

img_20130310_092145

Karburator adalah sebuah alat / mekanika yang sangat memilki peran penting dalam kinerja performa mesin motor diman alat tersebut bekerja dengan cara menyemprotkan bensin / BBM dan dan udara pada sisi pembakaran mesin sehingga anda dapar merasakan kinerja mesin yang optimal ketikan kinerja alat ini juga optimal. Namun apa jadinya jika kinerja dari karburator ini rusak ataupun kurang bagus maka andapun yang juga akan dirugikan dengan ada masalah tersebut.

Paling gampang, perhatikan semprotan obat nyamuk. Ketika gagang semprotan di tekan, terciptalah udara. Saking besarnya tekanan udara, dia menyedot cairan di tabung semprotan. Itu sama persis dengan karbrator. Sedotan udara tercipta dari piston. Lebih pastinya, saat piston menuju TMB (titik Matii Bawah). Ketika skep karburator terangkat akibat gas yang dipelintir, udara dari luar masuk lewat venturi karburator, Itu lho, bagian yang menyempit di lubang utama karbu.

Maksud dibuat venturi, supaya aliran udara fokus dan cepat. Sama dengan air yang mengalir di slang plastik. Bila slang ditekan (dicekik), aliran air bertambah cepat. Makin cepat aliran udara, tekanan di venturi menjadi renadh. Lebih kecil dibanding tekanan alam sekitar. Di pelajaran fisika diterangkan tekanan normal 1 atm (atmosfer). Nah, di venturi lebih rendah dari itu. Maka, mesti bensin di mangkuk karbu posisinya di bawah, bisa terhisap ke venturi lewat main-jet (gbr.1)

Lubang Venturi Mengecil di Tengah

Bukan mengada-ada. Monggo buka buku fisika SMU kelas 1 bab Fluida Bergerak. Dari situ dipelajari hukum atau asa Bernoulli. Katanya, makin besar kecepatan udara, semakin kecil tekanannya. Kecepatan udara di venturi maki kencang, mari dibuktikan. Moncong depan karburator Yamaha F1Z-R standar 40 mm. Kemudian menciut ke venturi jadi 22 mm (gbr.2). Kalau kecepatan udara di muka karbu 3 meter/detik, kecepatan di venturi berapa?

Silahkan bro buka kembali fisika kelas 2 bab Kontinuitas. Rumusnya:

V1 x A1 = V2 x A2

V1 = Kecepatan udara di moncong karbu (3 meter/detik)

A1 = Luas muka karbu (40 mm) = 1/4 x 3,14 x (40×40) = 1256 mm3

V2 = Kecepatan udara di venturi

A2 = Luas permukaan venturi dianggap bulat = 1/4 x 3,14 x (20×20) = 314 mm3

Maka kecepatan udara di vnturi :

V2 = (v1 x A1)/ A2 = V1 x (A1/A2) = 3 x (1256/314) = 12 meter/detik.

Berarti terbukti, kecepatan aliran udara di venturi tambah besar. mulanya 3 meter/detik menjadi 12 meter/ detik

Untuk dapat mengatasi masalah karburator yang semprotannya terlalu kencang anda dapat mengatasi dengan cara – cara berikut ini antara lain sebagai berikut :

Anda perhatikan kualitas semprotan karburator motor anda dimana anda harus bongkar karburator motor anda dahulu dan mulai perhatukikan,

Leave a reply "Mengatasi masalah karburator yang semprotannya terlalu kencang"