MENGENAL JENIS DAN KODE PADA DINDING BAN

502 views

MENGENAL JENIS DAN KODE PADA DINDING BAN

Ban adalah sebuah alat utama yang menunjang motor agar dapat berjalan sebagaimana mestinya, bisa anda bayangkan jika sebuah motor tanpa ban, apakah bisa jalan gan,,,,,

Dan untuk masalah yang diatas memang tidak ada masalah namun untuk anda yang sering penasaran tentang beberapa tanda – tanda yang terdapat pada dinding ban yang tentunya menggunakan bahas inggris yang sangat sulit untuk dimengerti,

Dan untuk tau apa saja arti kode dari nama nama yang terdapat pada ban tersebut , anda dapat segera tahu hanya dengan membaca artikel dibawah ini antara lain sebagai berikut :

TIRE WEAR INDIKATOR

TIRE WEAR INDIKATOR

Dimana kode tersebtu adlaah sebuah indicator atau tanda dimana titik maksimal pemakaian ban dimana jenis ban yang memiliki tanda ini hanya ban buatan Michelin dan untuk jenis ban local tidak tersedia karena mungkin berbeda perusahaan .

TANGGAL PRODUKSI BAN

TANGGAL PRODUKSI BAN

dimana ada sebuah kode tahun tanggal bahkan bulan juga dimana kode ini menandakan bahwasanya ban tersebut dibuat pada tanggal bulan dan tahun tersebut.

KODE SNI

KODE SNI pada ban

kebanyakan kode SNI ini terdapat pada semua jenis ban termasuk jenis ban Michelin, meskipun pabriknya ada diluar negeri akan tetapi kode SNI harus tetap ada pada ban ini karesa sudah menjadi sebuah kewajiban jika masuk wilayah indonesia.

BEBAN MAKSIMAL

BEBAN MAKSIMALBAN INDO

ada beberapa jenis ban yang mencantumkan kodeplastik kuning dengan bacaan mirip gambar diatas dimana kode tersebut memiliki petunjuuk ukuran serta bebanmaksimal pada ban tersebut sehingga si pembeli dapat dengan mudah mengenali dan memilih ban sesuai dengan pilihannya.

SPEED MAKSIMUM

khusus pada kode yang satu ini missal kode mirip dengan kode beban maksimal diantaranya hingga 150 km/jam ataupun 93 MPH sehingga anda dapat antisipasi dengan kode speed maksimum tersebut.

ARAH BAN DAN PERUNTUKAN

ARAH

pada posisi ini terkadang salah dalam memasang ban dimana rotasi dari ban biasanya terbalik, sehingga dengan adanya kode ini anda dapat dengan mudah untuk memasang ban.

BAN TUBLESS

TUBLES

Artinya ban ini termasuk ban tubless. Namun dalam pemakaiannya boleh juga menggunakan ban dalam. Itu bagi yang masih menggunakan pelek jari-jari.
Menurut pak Ferry, ban Michelin meskipun tubeless tapi memiliki bobot yang lebih ringan. Sehingga beban mesin lebih ringan. Tidak bikin boros bahan bakar. Jadinya gak bikin polutan tinggi. Sesuai semangat ramah lingkungan dan cinta bumi yang disengungkan para aktifis pecinta lingkungan hidup.

Leave a reply "MENGENAL JENIS DAN KODE PADA DINDING BAN"