Tips Mengukur Kebisingan Knalpot Racing dengan Aplikasi Sound Meter

1215 views

Sepeda motor memang menjadi alat transportasi yang kini hampir di miliki oleh semua orang dan tentunya banyak yang suka memodif motornya dengan merubah setiap komp[onen yang ada di motor. Terutama bagian knalpot yang sering mengalami perbuhan dan menimbulkan efek yang snagat bising yang akan mengganggu pengguna lainnya. Knalpot yang di gunakan adalah knalpot racing yang di custom sendiri yang menghasilkan suara yang sangat menggelegar hingga mempengangkan kuping kita yang mendengarnya. Dengan maraknya knalpot Racing yang mengganggu para pengguna jalan lainnya dan membuat ketentraman terganggu maka  kini polisi melakukan razia kepada sepeda motor yang yang menggunakan knalpot racing yang telah mengacu pada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 07 tahun 2009 mengenai ambang batas kebisingan yang di hasilkan oleh kendaraan bermotor tipe baru dan UU No. 22 tahun 2009 LLAJ mengenai ambang batas kebisingan motor yang berkapasitas 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db) dan yang berkapasitas 80-175 cc ke atas maksimal 90 desibel ( db ). Dengan adanya peraturan baru tersebut maka akan membuat pengendara motor dengan knalpot racing semakin wasapada terhadap razia, Jika terkena razia maka akan di denda maksimal 250 rb atau kurngan penjara selama 1 bulan.

Kebisingan Knalpot Racing

tetapi kebanganya polisi yang merazia motor saat ini tidak pandang bulu, semua sepeda motor yang menggunakan knalpot racing semuanya di razia tanpa memeriksa maksimal bunyi yang di hasilkan sehingga semua akan di pukul rata. Nah Jika polisi memiliki cara seperti itu, kita sebagai pengguna sepeda motor yang cerdas tentunya harus memiliki akal yang cerdas juga dengan mengecek sendiri maksimal bunyi yang di hasilkan oleh knalpot racing yang di gunakan pada sepeda motor kita.

Dengan perkembangan sistem operasi android yang semakin maju, kini anda akan sangat di permudah dlaam mengetes maksimal bunyi yang di hasilkan oleh knalpot motor kita yaitu dengan menggunakan aplikasi “Sound Meter”. Aplikasi ini dapat langsung di unduh di playstore secara gratis untuk smartphone android.

10175028_639221836126598_6163877511167886592_n

Jika anda sudah mendownloadnya dan sudah terinstal di smartphone android anda, kini waktunya untuk mengecek bunyi yang di hasilkan oleh knalpot racing motor. Buka aplikasi Sound Meter tersebut setelah itu posisikan smartphone anda kira-kira 50 cm di belakang mulut knalpot.

Dan untuk hasilnya anda bisa melihat gambar di bawah ini.

10171048_639221479459967_7480262804614235865_n

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk mengukur kebisingan knalpot motor kita. Dengan begitu kita akan aman dari razia knalpot racing dan mampu berkelit jika kita di razia oleh polisi.

Semoga dengan Tips Mengukur Kebisingan Knalpot Racing dengan Aplikasi Sound Meter ini dapat bermanfaat untuk anda, Terimakasih.

Tags: #aplikasi #knalpot #tips

Leave a reply "Tips Mengukur Kebisingan Knalpot Racing dengan Aplikasi Sound Meter"