Motor FP1 Besutan Malaysia Makin Terlupakan

893 views

Motorsiana.com – Petronas merupakan perusahaan besar yang bergelut di bidang perminyakan yang sudah cukup terkenal. Petronas sendiri merupakan perusahaan yang terletak di Negara tetangga yaitu Malaysia. Petronas pernah membuat salah satu karya sepeda motor yang di bekali dengan mesin super dan di harapkan mampu menyaingin pembalap di ajang MototGP. Nama motor tersebut adalah FPI yang di rilis pada tahun 2003 yang lalu.

wpid-fp1-33

Motor balap FP1 ini merupakan motor balap yang di ciptakan oleh Petronas dengan bantuan sauber yang pada saat itu bergabung dalam ajang Formula One ( F1 ). Motor FP1 ini dari awal memang di persiapkan untuk ajang MotoGP dan ingin manyaingi para pembalap di ajang tersebut, tetapi rencana tersebut akhirnya berubah dan FP1 di persiapkan untuk berlaga pada kompetisi Superbike World Championship.

Foggy Petronas FP1  4

Akhirnya rencana tersebut untuk mengikuti ajang Superbike dapat terwujud dan pada saat itu petronas juga bekerja sama dengan Carl Fogarty. Tetapi pada saat mengikuti kompetisi balap superbike tersebut FP1 kalah saing dengan motor besutan asal jepang dan membuat FP1 semakin ketingalan. Akhirnya petronas memutusakn untuk memberhentikan proyek pengembangan FP1 ini sehingga tak akan ikut dalam ajang balapan lagi.

momoto-mm1-petronas-fp1-21

Pihak petronas juga sempat memproduksi FP1 untuk umum ebagai salah satu syarat untuk mengikuti ajang balap WSBK. Motor FP1 ini juga di produksi dalam jumlah yang terbatas dan hanay di buat 150 unit saja dan di sediakan dalam berbagai macam warna yang dapat di pilih.

Spesifikasi yang di miliki FP1 di bekali dengan menggunakan mesin berkapasitas 900cc dengan menggunakan 3 silinder dan dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 255 hp dengan torsi maksimum hingga 107 Nm, sudah menggunakan 6 percepatan yang akan membuat motor besutan petronas ini semakin kencang.

System pengereman di lengkapi dengan menggunakan Dual Disck brake berukuran 320 mm pada bagian depan dan di lengkapi dengan 4 kaliper, untuk ukuran disc brake di bagian belakang menggunakan ukuran 220 mm dan menggunakan dua caliper.

Tags: #FP1 #motor petronas #superbike

Leave a reply "Motor FP1 Besutan Malaysia Makin Terlupakan"