Motor susah di Hidupkan, Ini Penyebabnya

719 views

Motorsiana.com – Mungkin sebagaian dari anda ada yang pernah mengalami kejadian susah untuk menghidupkan motor yang akan berdampak pada aktifitas anda sehari-hari. Motor yang susah hidup biasanya akan terjadi pada sepeda motor yang jarang mendapatkan perawatan dan hanya di gunakan saja tanpa ada timbal balik untuk memperbaikinya. Begitu pentingnya perawatan motor, agar motor tetap dalam kondisi yang prima dan tidak membuat pemiliknya menjadi jengkel akibat motor susah di hidupkan. Untuk orang yang sudah faham akan motor dan motor tiba-tiba susah di hisupkan, memang tidak mkenjadi masalah yang cukup serius, tetapi bagaimana jika sang pengguna motor tidak mengetahui sama sekali seluk beluk tentang mesin motor, tentunya akan mengganggu, apalagi saat ingin berangkat bekerja dan tiba-tiba susah di hidupkan atau tiba-tiba mati di tengah jalan, ini akan menjadi mala petaka untuk anda.

Rossi mogok

Sepeda motor susah di hidupkan di sebabkan Karen, proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder tidak sempurna ataupun tidak terbakar sama sekali. Ada 3 penyebab yang kemungkinan terjadi yakni di sebabkan oleh, bahan bakarm udara dan proses pengapian. Untuk motor yang normal ketiga hal itu akan bertemu pada timing yang sama sehingga membuat motor hidup. Jika ketiga hal tersebut tidak berada pada timing yang sama, maka yang terjadi adalah motor susah di hidupkan.

Ada beberapa penyebab yang umum yang membuat motor susah hidup, penyebabnya sebagai berikut:

  1. Campuran Bahan Bakar Yang tidak Pas

Penyetela karburator unruk campuran bahan bakar dan udara haruslah pas, tidak boleh terlalu gemuk atau kurus. Penyetelan karburator biasanya melalui sebuah baut. Lakukanlah penyetelan yang pas dengan cara memutar baut sampai mentok dan balikkan lagi kira-kira setengah putaran saja.

  1. Bahan Bakar Tercampur Dengan Air

Kebanyak anak muda kini memang selalu memodifikasi motornya untuk menunjang gayanya, biasanya filter yang di gunakan akan di bukak agar suara motornya lebih gahar. Padahal hal tersebut akan membuat air masuk dan bisa bercampur dengan bahan bakar sehingga membuat motor susah untuk di hidupkan.

  1. Pengapian

Seperti yang di sebutkan di atas tadi, timing pengapian memang sangat mempengaruhi pembakaran di dalam silinder. Tetapi yang menjadi penyebab lainnya juga terletak pada api busi yang terlalu kecil, api busi yang kecil di sebabkan karena busi terlaklu kotor dan berkerak atau memang sudah mati. Untuk penyebab lainnya juga bisa dari CDI atau Koil pengapian yang sudah lawas dan minta di ganti.

  1. Celah Katup Tidak Tepat

Celah katup yang tidak pas juga akan menyebabkan motor susah untuk di hidupkan, kejadian ini memang jarang terjadi, tapi perlu untuk di waspadai.

  1. Vacum Bensin Rusak

Vacum bensin merupakan komponen yang penting untuk aliran bahan bakar menuju karburator. Jika vacum bensin rusak , akibatnya akan membuat aliran bahan bakar ke tangki karburator tersendat.

Demikianlah artikel Penyebab  Motor Susah Hidup, semoga bermanfaat (Taufik/)

Tags: #sepeda motor #tips terbaru

Leave a reply "Motor susah di Hidupkan, Ini Penyebabnya"