Penyebab Aki Cepat Tekor

555 views

Motorsiana.com – Peranan yang cukup penting untuk masalah kelistrikan adalah bagian Baterai atau Aki. Sebagai sumber kelistrikan pada bagian motor tentunya Aki akan dapat membuat lampu, klakson, starter dan leting hidup dan bisa di gunakan. Tetapi bagaimana jika Aki pada motor tekor. Jika Aki sampai tekor maka system kelistrikan pada motor bisa terganggu, klakson, starter elektrik dan lainnya tidak akan bisa hidup. Banyak penyebab yang bisa membuat Aki tekor. Cek terlebih dahulu penyebab Aki motor bisa tekor.

aki

Berbagai macam factor dapat membuat Aki tekor, salah satunya adalah karena hoby anda yang suka memodifikasi motor atau menambahkan berbagai macam aksesoris untuk motor tanpa menyesuaikan kemampuan Aki pada motor. Contohnya saja dengan memasang klakson baru dengan konsumsi listrik yang lebih tinggi, memasang lampu dengan tegangan tinggi dan masih banyak lagi.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai Penyebab Aki Cepat Tekor :

  1. Memasang Lampu HID

Pemasangan lampu HID memang akan membuat lampu menjadi lebih terang dan akan membuat pengendara lebih jelas melihat jalan saat malam hari. Tapi perlu di ingat, penggunaan lampu HID haruslah di imbangi dengan konsumsi listrik pada motor. Jika Aki motor tidak sesuaik dengan tegangan yang di miliki lampu HID, maka aki akan cepat Tekor dan akhirnya lampu tidak hidup.

  1. Stop Lamp

Terkadang stoplamp akan mengalami sedikit masalah yaitu stoplamp akan tetap hidup walaupun pedal rem tidak di injak. Ini akan membuat Aki cepat tekor karena konsumsi listrik akan terus di pakai oleh stoplamp tersebut. Periksalah secara berkala keadaan stoplamp agar Aki motor anda tidak mengalami masalah.

  1. Modifikasi Klakson

Memodifikasi klakson memang umum di jumapi dan memang akan membuat suara klakson lebih keras dengan menggunakan klakson dari mobil. Tetapi penggunaan klakson yang sembarangan tanpa memikirkan Daya Tahan Aki , maka akan membuat Aki cepat tekor. Konsumsi listrik yang di butuhkan klakson modifikasi tentunya lebih tinggi.

  1. Kiprok

Perhatikan Kiprok pada motor yang anda miliki, jika kiprok motor anda rusak akan membuat baterai mengalami overcharging atau sebaliknya. Lakukakanlah pengecekan secara berkala dengan menghidupkan mesin antara 4000 -5000 Rpm dan kemudian periksalah tegangan pengsisian, untuk tegangan pengisian yang baik adalah 14 – 15 volt.

  1. Bore Up

Bore Up sering di gunakan oleh para biker untuk membuat kinerja silinder semakin meningkat. Jika upgrade kelistrikan tak di lakukan, maka Aki akan mudah tekor karena kompresi tinggi membuat starter elektrik menjadi sangat berat untuk memutar mesin. Nah jika di paksa terus menerus akan membuat Aki Mudah tekor atau cepat soak.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab Aki Cepat Tekor kami jelaskan, semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian yang membaca artikel ini. Terimakasih.

 

Tags: #aki #pebyebab #seputar tips