Penyebab Aki Cepat Tekor

742 views

motorsiana.com – anda sedang memiliki masalah dengan aki motor yang sering ngedrop atau lebih sering di sebut dengan tekor? tenang saja gan tidak usah panik atau bingung bahkan membuang aki tersebut dan menggantinya dengan aki yang baru. sebelum anda memvonis aki terserbut jeleka atau terdapat piranti yang bermasalah, ada baiknya anda melakuakan pengecekan dan penelitian tersebut dahulu yang berhubungan dengan aki.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

salah satu mekanin matic shop di daerah bilangan ciledug, tanggerang menyebutkan bahwa ” ada beberapa hal yang dapt menyebabkan aki menjadi cepat tekor, terutama juga tunggangan sudah mengalami modifikasi atau pemasangan aksesoris tertentu yang tanpa adanya penyesuaian pemakaian. modifikasi tersebut seperti bore-up, pemasangan klakson mobil, atau model keong dan juga aplikasi lampu – lampu HID”

kepala mekanin honda juga menambahkan stop lamp yang menyala terus juga sangat berpotensi untuk membuat aki cepat tekor. nah untuk itu mari simak apa saja yang membuat aki menjadi cepat tekor.

Klakson
pemasangan klakson mobil di motor merupakan hal yang paling banyak di lakukan oleh para pemilik motor. hal tersebut memang membutuhkan suplai tegangan listrik yang cukup besar. nah jika anda ingin tidak tekor sebaiknya tambahlah relay agar arus listrik menjadi stabil.

Kiprok

piranti yang satu ini sangat berfungsi untuk melakukan pengisian aki, namun jika rusak atau bermasalah efek terburuknya yakni akan melakukan pengisian secara over ataupun sebaliknya sehingga dapat membuat aki menjadi tekor. untuk mengetahui piranti ini berfungsi secara baik atau tidak, nyalakan mesin dan lampu utama. gas dipateng pada putaran mesin antara 4000 – 5000 rpm. apabila pengisian bagus tegangannya mencapai 14-15 volt.

Bore-up
banyak sekali tunggangan yang sudah menggunakan bore-up yang gede – gedean, namun spul dinamo juga tidak di upgrade, alhasil kompresi mencadi tinggi dan dinamo starter tidak kuat untuk melakukan starter

HID
meskipun lebih terang lampu standar dari pabrik, lampu jenis ini membutuhkan suplai yang lebih besar.

Stop lamp
banyak kejadian stop lamp menyala terus, tetapi yang punya tunggangan tidak sadar ataupun memperhatikan. akibatnya arus listrik aki terus tersedot selama mesin masih hidup. tak heran hal tersebut mampu untuk membuat aki menjadi cepat tekor.