Penyebab Ban Motor Gundul Sebelum Waktunya

353 views

Motorsiana.com – Keadaan ban motor sangatlah penting untuk di perhatikan agar ban motor tetap dalam kondisi yang prima dan masih dapat di gunakan saat bermanufer di jalan. Dengan keadaan ban motor yang masih baik, maka perjalananpun akan aman dan nyaman. Jika ban motor sudah mengalami masalah seperti, ban motor gundul sebelum waktunya, tentunya ini harus di tangani dengan seksama agar tidak menimbulkan kecelakaan saat di jalan. Dengan ban motor yang tipis atau sudah gundul akan menyebabkan resiko terpeleset lebih tinggi.

ban-gundul

Tapi terkadang ban motor gundul bukan pada waktunya, dan sudah di minta ganti ban. Ban motor yang awet biasanya bisa di ganti sampai dua tahun sekali atau sekitar 3000 km untuk penggunaan normal. Tapi jika sebelum mencapai waktu ini sudah botak terlebih dahulu, maka ada yang salah .

Di bawah ini kami akan menjelaskan Penyebab Ban Motor Gundul Sebelum Waktunya :

Jenis Kompon Ban

Jenis kompon yang di gunakan pada ban juga akan sangat berpengaruh untuk keawetan ban itu sendiri. Untuk ban yang di gunakan sepeda motor harian menggunakan jenis kompon regular yang lebih keras dan cukup awet, di bandingkan dengan menggunakan ban balap yang jenis komponnya lebih lunak. Tentunya jika pengguna sepeda motor harian menggunakan ban motor dengan kompon balap maka akan cepat gundul.

Suspensi Rusak

Suspensi pada motor jika sudah rusak akan berakibat fatal pada ban motor itu sendiri. Sebab tumpuannya akan terbebani pada ban semua dan tidak akan rata. Hal ini yang menyebabkan ban mudah benjol-benjol dan ban cepet aus atau cepet gundul. Sebaiknya gantilah suspensi dengan menggunakan suspensi yang masih baik.

Tekanan Angin

Tekanan angina pada ban jika masih kurang akan membuat ban cepat rusak, karena ban yang bersentuhan dengan aspal lebih banyak otomatis gesekan ban akan lebih besar dan akan membuatnya cepat gundul. Tidak hanya membuat ban gundul, ban yan kempes dengan tekanan angin yang kurang akan mengurangi performa mesin dan membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Untuk tekanan angina ban rata-rata untuk ban depan adalah 28-30 psi dan ban belakang 30-32 psi.

Kelebihan Beban

Jika ban menampung beban yang berlebihan maka gesekan ban antara aspal akan lebih besar sehingga membuat ban cepat gundul. Perhatikanlah terlebih dahulu berat maksimum yang bisa di terima pada ban yang sudah tertulis di permukaan ban tersebut.

Gaya Berkendara

Gaya berkendara inilah yang membuat ban motor cepet aus atau cepet gundul. Jika pengendara sepeda motor mengendarai motor secara ugalugalan dan selalu melakukan rem dan gas dan membuat bunyi pada ban, dapat di pastika ban motor tidak akan berahan lama.

Nah jadi anda sudah tahu kan apa Penyebab Ban Motor Gundul Sebelum Waktunya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

 

 

Tags: #ban gundul #penyebab #tips trik terbaru

Leave a reply "Penyebab Ban Motor Gundul Sebelum Waktunya"