Peran V-Belt di motor matik

1171 views

motorsiana.com – tidak dapat dipungkiri jika pengguna dari motor matik saat ini semakin banyak dan mampu untuk merajai jalanan. melihat dari itu semua pastinya tidak jarang sangat banyak pengguna motor matik yang mengalami yang namanya vbelt motor matik anda tiba – tiba putus di perjalanan. jika hal tersebut terjadi bisa dipastikan karena memang adanya kurang perhatian dan juga perawatan yang ekstra pada piranti di motor matik anda secara berkala.

Peran V-Belt di motor matik

jika dilihat dari cara kerjanya komponen ini sangatlah memiliki peran yang sangat penting pada motor matik. fungsinya sih sama dengan rantai pada motor biasa. dan apabila v belt ini putus dampak terbesarnya yakni motor matik anda akan mogok seketika. namun bedanya bukan hanya sekedar mogok seperti motor biasanya  mesin motor akan tetap menyala namun apabila motor di gas motor matik tidak akan mau berjalan.

sebagian besar kerusakan v belt sih dipengaruhi beberapa faktor. faktr tersebut bukan hanya dari faktor usia saja yang mulai menua namun jiga dapat disebabkan oleh kurang tepatnya pemasaran sehingga kinerjanya kurang maksimal dan lama – kelamaan akan putus. yang perlu anda waspadai juga ketika v belt motor matic anda putus yakni dapat merusak bagian pully depan ruma roller.

nah sebelum mimpi buruk tersebut terjadi pada anda marilah simak bagaimana caranya membetulkan v belt

yang dapat anda lakukan pertama kali yakni untuk melakukan penggantian v belt secara berkala. penggantian v belt biasanya berpatokan pada kilometer saat mencapai 24000 km. namun juga perlu diketahui jika bukan itu saja patokannya diantaranya yakni seperti bobot muatan yang melebihi kapasitas yang tidak sesuai dengan buku panduan yang telah disediakan.

yag kedua yakni memberikan perhatian khusus terhadap komponen v belt tersebut. periksalah v belt dari keretakan yang mungkin terjadi pada bagian seratnya. jika telah terlihat segeralah untuk mengganti dan sangat disarankan untuk menggunkan v belt orisinil keluaran dari pabrikan.

nah setelah mengetahui hal terserbut diatas jangan lagi untuk mengabaikan komponen yang sartu ini khususnya bagi anda yang menggunakan motor matic. rawatlah motor matik anda lebih baik lagi sehingga laju dari motor anda sangat memuaskan.

Tags: #tips

Leave a reply "Peran V-Belt di motor matik"