Tips Ampuh Membeli Motor Bekas

1138 views

motorsiana.com – jika anda ingin memiliki motor namun budget anda masih kurang untuk membeli motor baru, ada baiknya anda membeli motor bekas atau secound dengan kualitas yang masih bagus dan prima dengan harga yang cukup murah. namun saat ingin membeli motor bekas anda harus meneliti terlebih dahulu bagaimana caranya agar mendapat motor yang masih prima. kali ini redaksi motorsiana.com akan memberikan sedikit tips untuk anda agar mendapatkan motor bekas yang masih powerfull. berikut adalah tips untuk anda.

ekonomi dan bisnis-motor-bekas-01
1. Cek Harga Pasaran
sebelum anda membeli motor bekas ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu harga pasaran dari motor yang anda kehendaki, mulai dari melihat di koran, majalah, atau yang lebih canggih lagi dengan menggunakan internet dengan menjelajah situs – situs motor.

2. cek kondisi fisik
mengecek kondisi fisik motor merupakan hal yang perlu untuk dilakukan karena harga motor bekas terletak disana, semakin cacat motor tersebut, maka semakin murah juga harga dari motor tersebut. lalu kondisi fisik apa saja yang harus diperhatikan?
* oli motor
usahakan mengecek oli motor, karena jika oli yang dipasang terlalu berlebih dan tidak standart akan mengeluarkan suara yang sangat halus, jadi akan menghilangkan suara asli dari mesin tersebut saat dinyalakan.
* speedometer
pastikan juga spedimeter dari motor yang akan anda beli tidak cacat dan bekerja dengan sangat baik. dan lihatlah KWH dari speedometer tersebut, jika menunjukkan lebih dari 20.000 KM itu artinya anda akan mendapatkan bagian – bagian mesin yang harus anda ganti nantinya.
* cek perpindahan gigi
usahakan jalankan kendaraan tersebut dan lakukan perpindahan gigi secara berkala. apabila saat melakukan perpindahan terasa cukup alot itu artinya kampas kopling dari motor tersebut akan segera habis.
* cek rangka
perhatikan kelurusan roda, jalankan sekitar 40 km/jam dan pada saat itu rem dengan sedikit mendadak dan pastikanjuga saat pengereman motor yang akan anda beli tidak sulit untuk dikendalikan.
* cek kebocoran
jalankan motor tersebut kira – kira sejauh 500 meter lalu perhatikan apa ada kebocoran oli yang terjadi atau aman – aman saja
* kelistrikan
pastikan juga semua kelistrikan berjalan dengan baik seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, klakson, lampu speedometer, dan juga starter elektrik dari motor tersebut.

3. cek nomor rangka dan mesin motor
ini merupakan hal yang sangat wajib anda lakukan karena jika tidak anda lakukan bisa jadi anda seorang penadah barang – barang terutama motor curian. periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan yang tertera pada BPKB maupun STNK. untuk lebih jelasnya dapat anda cek melalui layanan nomor polisi dengan mengirimlan sebuah sms. caranya :
ketik: Metro(spasi)nomor polisi
contoh : Metro B8***HJ Kirim ke 1717 (Hanya untuk wilayah Jakarta)

atau untuk wilayah Jawa Timur, silahkan anda ketik : JATIM L44***Y kirim ke 1717.

terimakasih telah membaca tips ampuh membeli motor bekas dari redaksi motorsiana.com semoga dapat menjadi refrensi anda sebelum membeli motor bekas sesuai dengan minat anda.

 

Best Regards,

redaksi motorsiana.com

Tags: #Motor Bekas

Leave a reply "Tips Ampuh Membeli Motor Bekas"