Tips Ampuh Memilih Oli Motor

1080 views

Tips-Memilih-Oli-Motor-1

motorsiana.com – oli merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah motor yang memerlukan perhatian khusus. jika anda menginginkan sepeda motor anda berjalan dengan baik, maka anda sebagai pengendara minimal harus mengetahui bagaimana cara memilih oli yang sangat tepat untuk motor anda. seperti yang anda ketahui, bahwasanya saat ini sangat banyak sekali macam – macam dan merk oli yang beredar di pasaran. semuanya memang tampak sangat bagus, namunberhati – hatilah karena dari sekian banyak oli yang terpampang di suatu bengkel atau tempat penggantian oli merupakan oli bekas yang di kemas ulang. biasanya oli yang semacam itu dibandrol dengan harga yang lebih murah dari biasanya. saran kami jangan sekali – kali untuk membeli dan memasang oli tersebut karena justru akan merusak motor anda. nah, kali ini team redaksi motorsiana akan membantu anda untuk memberikan sedikit tips agar anda dapat memilih oli yang sesuai dengan motor anda. penasaran, langsung saja berikut tips untuk anda

tips-memilih-oli-motor-2-300x184Kebutuhan Mesin
fungsi oli sebenarnya bukan hanya sebagai pelumas saja, namun jauh dari itu sebab kegunaan lain dari oli yakni sebagai pendingin, pelindung mesin, pembersih, dan juga dapat menutup celah yang terdapat pada mesin. saat anda memilih oli sebaiknya anda juga memeriksa kekentalan oli tersebut, karena semakin kental oli, maka tingkat kebocorannya akan semakin tipis. namun disisi lain dengan kentalnya oli akan menambah beban kerja dari pompa oli pada mesin motor anda. jika motor anda masih baru, kami sangat menganjurkan untuk memilih oli dengan kekentalan minimum atau sering ditemui sebagai SAE10W.

Spesifikasi Oli
bukan hanya motor itu sendiri yang memiliki spesifikasi, namun oli juga memiliki spesifikasi juga. tiap spesifikasi oli yang di edarkan telah direkomendasikan untuk kebutuhan mesin yang berbeda pula. oleh sebab itu, sebelum anda menentukan pilihan oli untuk mesin motor anda sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu karakter dari motor anda. selain itu ada beberapa yang harus anda perhatikan seperti dimana anda berkendara, suhu udara, kelembaban udara, dan debu. sesuai dengan yang kami jelaskan sebelumnya, tingkat kekentalan oli berbeda – beda namun disimbolkan dengan kode SAE. SAE tersebut sendiri merupakan kependekan dari Society of Automotive Engineers. nah sedangkan untuk kode anga dibelakangnya merupakan tingkat kekentalan oli tersebut. salah satu contoh ada oli dengan kode SAE 15W-50, nah itu artinya jika kekentalan oli tersebut cukup tinggi. 15W yang tertera pada kode tersebut merupakan tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin. karena W itu sendiri merupakan kode untuk Winter ( dingin / salju ). sedangkan untuk kode 50 seperti yang tertera di atas merupakan kekentalan oli ketika berada dalam suhu 50 pada suhu panas. dan menurut standart SAE, oli dengan kode tersebut idealnya akan bekerja pada tingkat kekentalan 40 sampai dengan 50.

untuk menentukan kualitas atau mutu dari oli anda dapat mengeceknya dengan menggunakan kode API. salah satu contohnya yakni ada oli dengan kode API:SL, nah ini berarti oli tersebut diperuntukkan untuk mesin motor yang berbahan bensin. itu dikarenakan pada kode tersebut tersisipkan kode S. sedangkan untuk huruf di belakang S tersebut merupakan kualitas dari oli tersebut. pasalnya semakin hurus di belakang S tersebut semakin dekat dengan huruf Z, maka kualitas dari oli tersebut sangat baik.

baiklah itu sedikit tips dari radaksi kami, semoga dapat menjadi refrensi bagi anda sebelum anda salah memasang dan menggunakan oli mesin motor anda yang dapat mengakibatkan hal – hal yang sangat fatal. terimakasi

best regards,
Team Redaksi
Motorsiana.com

Tags: #Oli Motor

Leave a reply "Tips Ampuh Memilih Oli Motor"