Tips Ampuh Merawat rantai motor

899 views

motorsiana.com – mungkin sebagian besar orang ber anggapan untuk mendapatkan akselerasi yang bagus dari motor yang sedang anda gunakan adalah dengan mengecek kapasitas mesin dan bahan bakar yang sedang digunakan. namun masih ada satu lagi yang di anggap sepele dan tidak begitu berpengaruh bahkan sering dilupakan oleh sebagian orang yakni rantai. padahal jika rantai tidak terpasang dengan benar akan menyebabkan laju kendaraan kita tidak stabil. salah satu contoh saja ketika rantai motor yang kita gunakan kendur, laju dari motor tersebut akan terasa pelan tidak powerfull bahkan tidak jarang rantai tersebut dapat saja lepas dan membahayakan sang pengendara motor. dan begitupun jika sebaliknya apabila rantai dari motor anda terlalu tegang / kencang malah bisa langsung putus ditengah jalan. maka dari itu sebagian besar orang sering mengabaikan hal – hal kecil seperti rantai tersebut, agar semua itu tidak terjadi rawatlah rantai motor anda, dan kami selaku redaksi dari motorsiana.com akan memberikan sedikit tips ampuh bagi anda untuk merawat rantai tersebut.

rantai-motor

Setel rantai secara berkala
lakukan penyetelah secara rutin pada rantai anda, kami sangat menyarankan untuk melakukan penyetelah rantai ini dapat dilakukan setelah kendaraan anda telah menempuh jarak kurang lebih 1000 KM atau minimal sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. penyetelan rantai ini bukan sekedar mengencangkan atau mengendurkan saja namun anda harus lebih teliti lagi ke dalam seperti memperhatikan pengunci rangkaian yang perlu untuk diluruskan agar tidak mudah putus. karena jika menempuh perjalanan yang cukup jauh antara ban dan rantai terkadang tergser sedikit dan tidak lurus secara presisi.

Posisi Rantai
menyambung dari yang pertama barusan, kondisi rantai harus tetap dalam keadaan lurus karena jika posisi sudah sedikit bergeser dan miring dengan otomatis akan menggesek ke bagian yang lain dan pastinya akan terkikis secara perlahan setiap motor anda berjalan. biasanya jika sudah dalam keadaan miring yang sangat parah rantai tersebut akan mengeluarkan bunyi – bunyi yang bising tidak seperti dalam keadaan lurus.

Bersihkan Kotoran
lakukan perawatan juga dengan cara membersihkan rantai anda dari debu – debu, tanah atau pasir yang mungkin akan dengan mudah menempel pada rantai motor anda. bersihkanlah menggunakan minyak atau cairan khusus untuk membersihkan rantai motor. setelah bersih lakukan juga pelapisan rantai dengan menggunakan cairan khusus rantai sekali lagi. lakukanlah pembersihan tersebut minimal sebulan sekali agar rantai terawat dan terbebas dari debu – debu yang mungkin akan membuat karat pada rantai motor anda.

Pemotongan Rantai
nah yang terakhir ini yang sering dilakukan oleh para pengendara motor, jika menemukan rantai motor yang terlalu kendur pasti akan memangkasnya dengan memotong satu atau bahkan lebih dari satu mata rantai. kami sangat menyarankan untuk pemotongan rantai usahakanlah jangan sampai memotongnya lebih dari satu kali. jika melakukan pemotongan lebih dari satu kali, gerakan dari rantai akan tidak stabil.

mungkin itu saja tips merawat rantai motor dari motorsiana.com mudah- mudahan dapat menjadi refrensi bagi anda pemilik motor – motor kesayangan.

Tags: #merawat rantai #perawatan rantai

Leave a reply "Tips Ampuh Merawat rantai motor"