Tips berkendara dalam kondisi kabut asap

182 views

Di bagian wilayah pulau Sumatra seperti Palembang dan medan kini sedang di selimuti musibah kabut asap yang membuat wilayah tersebut memiliki jarak pandang yang buruk. Kabut asap menghalangi pandangan yang berefek buruh pada aktifitas setiap hari. Kabut asap tersebut terjadi akibat musim kemarau panjang yang mengakibatkan kebakaran lahan ataupun yang senagaja di bakar untuk membuka lahan pertanian.

17437649006-kabut

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips yang snagat berguna untuk pengendara yang sedang menerjang kabut asap. Di bawah ini beberapa Tips berkendara dalam kondisi kabut asap.

Merencanakan Rute Perjalanan

Sebelum anda berkendara sebaiknya anda merencanakan dulu rute perjalanan atau tempat yang ingin anda tuju. Sehingga jika nanti terganggu dengan kabut yang tebal, anda tetap hafal dan tidak mengira-ngira lagi jalan mana yang mau di ambil. Ini juga berguna untuk menghemat waktu yang anda miliki.

Gunakan Perlengkapan Kendaraan yang lengkap

Gunakan atribut lengkap untuk pengguna sepeda motor seperti menggunakan jaket, helmberstandart SNI , sarung tangan, celana panjang, dan sepatu agar dapat melindungi kaki saat terjadi benturan. Tak kalah penting lagi yaitu penggunaan masker untuk menerjang kabut asap yang tebal sehingga pernafasan kita tak terganggu.

Pastikan Lampu Depan Menyala

Untuk membantu jarak pandang agar lebih nyaman pastikan lampu depan motor menyala dengan sempurna. Periksa dulu sebelum melakukan perjalanan, karena penggunaan lampu saat kabut tebal sangat wajib, agar tak terjadi kecelakaan di akibatkan jarak pandang yang kurang.

Jangan Terlalu Ngebut

Saat menerjang kabut tebal, kendarai motor dengan kecepatan yang sedang dan tak terlalu cepat, agar tak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Jaga jarak dengan pengguna jalan lainnya

Pastikan anda selalu menjaga jarak saat berkendara agar tak menabrak kendaraan di depan anda, jarak yang aman sekitar 3 meter agar saat kendaraan di depan anda mengerem mendadak, anda mempunyai waktu untuk mengunjak rem juga. Ini amat sangat penting agar anda tetap selamat saat berkemudi di tengah kabut tebal.

Tetap Fokus dan waspada

Tips yang terakhir yang kami berikan adalah tetap focus saat berkendara di manapun itu. Dengan memfokuskan fikiran saat berkendara maka anda akan lebih aman.

Terimakasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Tips berkendara dalam kondisi kabut asap"