Tips dan Trik Merawat Motor Injeksi

806 views

zz

Belakangan ini hampir semua produsen sepeda motor memproduksi sepeda motor dengan sistem pembakaran injeksi. Namun demikian masih banyak orang yang belum bisa menerima teknologi baru ini dan beranggapan merawat sepeda motor injeksi itu sulit. Memang dengan digantikannya sistem pembakaran dari karburator menjadi injeksi sistem kerjanya lebih rumit dan tidak mudah untuk dipahami. Saya akan menjelaskan cara merawat sepeda motor yang menggunakan sistem pembakaran Injeksi.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

  • Kinerja mesin akan berpengaruh jika sepeda motor injeksi memakai bahan bakar berkualitas rendah. Untuk itu disarankan agar menggunakan bensin dengan nilai oktan diatas 90 sesuai dengan anjuran pabrik. Bensin dengan oktan rendah akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan bila dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Perhatikan Selalu Kondisi Aki

  • Sepeda motor sistem injeksi sangat bergantung pada aki untuk sistem pembakarannya. Jadi sebaiknya Kawan Kapsul perhatikan kondisi aki tersebut dengan memeriksa air aki, jika kurang segera tambahkan dengan air aki yang banyak beredar di pasaran.

Gunakan Aksesories Lampu Secukupnya

  • Penggunaan lampu yang berlebihan akan membuat kerja aki menjadi berat, karena harus menyuplai listrik pada aksesoris tersebut. Selain membuat aki menjadi cepat rusak, aksesoris lampu berlebihan juga akan membuat sistem kerja ECU (Electronic Control Unit) tidak maksimal.

Selalu Periksa Bensin di dalam Tangki

  • Jangan pernah membiarkan tangki kosong pada saat sepeda motor dikendarai. Perilaku seperti ini akan membuat ECU cepat rusak. Disarankan mengisi kembali bahan bakar ketika bensin tersisa ¼ tangki.

Perawatan Throttle Body

lol

  • Throttle bodi fungsi kerjanya mirip seperti karburator pada sepeda motor non injeksi. Letak komponen ini berada tepat sebelum saluran intake menuju ruang bakar. Pada sistem karburator, keluarnya bahan bakar 100% dikendalikan oleh betotan kabel gas, sedangkan pada mesin injeksi maka di throttle body dikendalikan oleh sistem komputer (ECU). Jika Kawan Kapsul tidak memiliki keahlian dalam merawat throttle body sebaiknya serahkan pada mekanik yang sudah berpengalaman untuk menghindari kerusakan komponen.

Demikian penjelasan tentang cara merawat motor injeksi dan semoga bermanfaat bagi kalian pecinta motor di Indoneis.

 

Tags: #Tips dan Trik Merawat Motor Injeksi

Leave a reply "Tips dan Trik Merawat Motor Injeksi"