tips mengganti aki motor

753 views

motorsiana.com – mengganti aki motor memang sah – sah saja apalagi kalau aki motor sudah mulai soak. jika aki basah yah harus sering – sering megnecek air akinya. bagi yang aki kering bebas perawatan. tetapi sama saja dengan lithium mahal bro…

aki

mengganti aki motor tentu yang diganti voltasenya harus sama. tapi yang paling penting lagi yakni adlah ampere penggantinya. mengapa karena ampere juga berpengaruh ke voltase. jadi itu sebabnya ampere aki baru harus sama dengan ampere aki yang lama.

memang sih tidak ada yang melarang kalau pakai ampere yang terlalu besar ataupun kecil. toh motor juga sama – sama hidup. namun perlu diketahui bro sist, kalau tidak sesuai dengan regulator pengisian standart motor biasanya kerang atau berlebihnya pasokan pengisian bisa membuat aki meletus.

wow meletus kayak balon saja. ya memang gan. perbandingan antara aki dan regulator pengisian umumnya hanya diperbolehkan 10%. itu artinya jika aki 14 ampere maka arus pengisian harus berada dibawahnya sekitar 10% tidak boleh lebih. kalau ingin ganti ke yang lebih besar, disarankan untuk merubah spul pengisian untuk menyesuaikan dengan kebutuhan aki.

di komponen regulator ada yang namanya dioda. nah dioda ini yang menjadi penentu dari besar atau kecilnya arus pengisian. dan bisa dikatakan dioda inilah yang mengendalikan arus pengisian.

intinya jangan asal pilih aki untuk motor anda, utamakan memilih ampere yang sama dengan aslinya. kalau memaksa beda amperenya maksimal ghanya boleh dinaikkan satu digit saja dari ukuran standartnya gak boleh lebih lagi.