Tips Merawat Aki

1200 views

Motorsiana.com – Alat transportasi yang semakin popular di Indonesia saat ini adalah sepeda motor. Banyak dari kalangan ank muda kini memiliki speda motor sendiri, terutama untuk menunjang gaya dan gengsi untuk anak muda. Membahas mengenai masalah motor, pasti kita tahu yang namanya aki motor harus di rawat dengan rutin. Aki merupakan salah satu komponen yang penting untuk di perhatikan, karena akin merupkan salah satu di antar sumber listrik pada motor. Jika aki sepeda motor kita mengalami masalah, lampu akan mati, klason tidak bunyi dan electrick starter tak berfungsi. Sehingga dengan begiru akan sangat menyulitkan anda dalam menggunakan sepeda motor kesayangan anda.

bhn

Merawat aki tidak terlalu sulit, cukup dengan perawatan rutin dan biaya murah aki anda akan tetap normal dan umur aki biasayan hanya satu tahun bahkan bisa di perpanjang jika melakukan perawatan rutin.

Kita sendiri pun bisa merawat aki tersebut tanpa perlu dating ke bengkel. Tapi sebagian orang memang tampak malas untuk merawat aki sepedanya sendiri, sehingga jika aki rusak membeli aki yang baru lagi, padahal aki tersebut masih bisa di perbaiki.

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai Tips Cara Merawat Aki :

Volume Air

Untuk aki basah sangat di anjurkan untuk mengecek secara rutin volume air aki yang di  miliki. Untuk keluaran aki terbaru saat ini biasanya telah di sediakan dengan lubang indicator yang di tandai dengan warna merah.

Jika masih di warna biru, berarti menuntujakn bahwa volume air aki masih dalam keadaan normal. Dan jika dalam kondisi warna merah, berarti air aki minta di tambah.

Jika tipe aki yang anda gunakan adalah tipe yang lama, pastinya tidak akan di temukan dengan indicator seperti di atas. Untuk cara mengeceknya anda tinggal melihat dari samping body aki apakah volume air berkurang atau tetap ( ini berguna untuk body aki yang transparan ). Tapi jika body aki yang di gunakan tidak transparan anda bisa mengeceknya lewat lubang pengisian air akinya.

Jika air aki berkurang anda tinggal mengisinya dengan melepaskan tutupnya, dan jika air memang berkurang anda perlu menambahnkan air aki, tapi jangan samapi penuh, di harapkan untuk menyisakan ruang sedikit karena setelah di aktifkan reaksi kima akan terjadi. Bila terlalu penuh akan membuat aki sepeda motor anda cepat rusak.

Di Kuras Secara Rutin

Jika usia aki sepeda motor Anda telah lebih satu tahun, sebaiknya anda perlu menguras air aki tersbeut dan menggantinya dengan air aki yang baru. Kuras sebersih mungkin dan jangan samapi menyisakan sedikit air akipun. Untuk cara selanjutnya anda tinggal menyiapkan air panas dan tuangkan kedalam lubang air aki dan kocok agar semakin bersih dari kotoran dan kerak yang menempel.

Setelah selesai di bersihkan dan benar – benar besih, kini saatnya anda mengisi dengan air aki yang baru dan isis setrum aki dengan Charger. Alat charger aki sudah banyak di jual di took-toko onderdil motor, anda tinggal mencharger aki sekitar 3-5jam dan paling di sarankan hingga 5 jam.

Untuk cara di atas harap di lakukan jika aki benar-benar mengalami gejala sepertilampu tidak menyala, klakson mati, mesin susah hidup dan yang lainnya.

Untuk Aki Kering

Aki kering memang tidak serepot aki basah untuk cara perawatannya. Karena aki kering tidak perlu menambahkan air aki., usia yang dimiliki oleh aki kering pun lebih panjang di bandingkan aki basah.

Perawatan juga perlu untuk aki kering, jika tidak di rawat juga aki seoerti apapun akan rusak. Untuk cara merawat aki kering sangat mudah, anda tinggal memanaskan  mesin sepeda motor tiap hari 5 sampai 7 menit. Paling minim pemanasan mesin 3 hari.

Jika lebih dari 3 hari mesin motor tidak di panaskan maka akan berdapampak pada aki tersebut. Aki kering akan semakin awet jika tetap rutin di rawat dengan memanaskan mesin sepeda motor anda tiap hari.

Semogaart  artikel Tips Merawat Aki ini dapat bermanfaat buat anda.

 

Tags: #tips #Tips Merawat Aki