Tips Merawat Piston dan Ring Piston

3341 views

Perawatan mesin motor memang harus selalu di perhatikan agar performa yang dimiliki motor kesayangan anda tetap terjaga dan tidak gampang rewel. Banyak cara yang dpaat di lakukan untuk merawat motor anda. Salah satu yang menjadi perhatian adalah bagian utama yang terdapat dalam mesin yaitu Piston. Piston bekerja di dalam silinder blok untuk dapat menghasilkan tenaga mesin dari proses pembakaran bahan bakar. Piston di buat dari bahan yang kuat dan ringan serta dapat menahan ledakan dan dalam suhu tinggi sekalipun. Meskipun memiliki kekuatan yang bisa di jamin Piston fdan ring piston motor anda tetap harus mendapat perawatan, karena akan sangat fatal jika mengalami kerusakan. Piston yang bermasalah akan membuat mesin motor anda cepat panas dan akan timbul pembakaran awal atau Pre Ignition.

jual-piston-di-jakarta2

Di bawah ini merupakan Tips Merawat Piston dan Ring Piston dengan benar :

  • Bongkar silinder dari blok mesin motor anda.
  • Lepaskan bau-bau yang dimiliki karburator dan pisahkan dari silinder.
  • Kemudian lepaskan juga silinder blog dari transmisi. Jika motor yang anda miliki menggunakan rantai Camshaft ikat terlebih dahulu supaya tidak masuk ke dalam bak engkol.
  • Lepas pistin dari stang piston dengan cara melepaskan pen pistinnya terlebih dahulu.
  • Anda harus hati-hati dalam membokar ring piston agar tidak patah saat pembongkaran.
  • Kemudian setelah piston di berhasil di buka. Anda harus memeriksa apakah piston motor anda mengalami cacat atau cumin hanya bvnayk karboin yang menempel. Jika hanya karbon yang menempel anda tinggal mengampelasnya saja dengan ampelas halus dan harus hati-hati supaya tidak merusak pinggiran piston yang lainnya. Tapi jika terdapat goresan yang cukup parah anda perlu melakukan Over Size.
  • Jangan lupa untuk membersihkan alur-alus rinf piston menggunakan ampelas dengan hati-hati.
  • Stelah bersih dari karbon yang menempel, kini waktunya anda memasang kembali piston tersebut. Ingat cara pemasangan yang benar adalah celah ring piston tidak boleh segaris dengan pen piston. Jika memasang ring piston harus sama dengan nomer urut yang sesuai dan untuk tulisan yang terdapat pada ring piston harus menghadap ke atas.
  • Kemudian anda harus memasang kembali pistin pada stang piston dengan cara memasang pen piston. Tanda panah harus menghadapay ke depan dengan posisi mesin tegak.
  • Pasang kepala silinder pada blok silinder dan kencangkan kembali mur-murnya.
  • Kemudia nada harus memasang kembali rantai Camshaft dan rantai keteng dengan benar.tanda sprocker Camshaft harus harus segaris dengan kepala silinder dan untuk tanda T pada rotor magnet harus segaris dengan tanda pada magnet.
  • Dan yang terakhir, Pasang kembali secara benar karburator pada blog silinder.
  • Setelah itu anda perlu mengetesnya terlebih dahulu dengan menghidupkan motor anda. Jika piston berhasil di pasang dengan baik jika saat di hidupkan dan gas yang di hasilkan pertama kali berwarna putih dan kemudian hilang, maka pemasangan piston berhasil dan jika gas putih tetap muncul maka pemasangan piston ada yang salah. Lalu perhatikan bunyi blok silinder, bila berisik anda harus membongkarnya lagi dari seperti langkah awal.

Semoga dengan Tips Merawat Piston dan Ring Piston dapat bermanfaat buat anda. Terima Kasih.

Tags: #tips & trik #Tips Merawat Piston dan Ring Piston

Leave a reply "Tips Merawat Piston dan Ring Piston"