Tips Pengecekan Velg Motor

275 views

Motorsiana.com – Bagian vital setelah ban adalah bagian velg motor anda. Bagian velg ini merupakan tumpuan utama yang di andalkan oleh ban untuk menampung semua beban yang di bawa. Dengan menggunakan velg ini ban dapat berjalan dengan baik dan membuat pengendara semakin nyaman saat berkendara.

Jika velg motor mengalami masalah atau tidak beres, maka akan sangat berdampak pada kenyaman berkendara. Biasanya berkendara dengan meggunakan velg motor yang tidak stabil akan membuat pengendara tidak nyaman di jalan dan akan sedikit bergoyang. Ini sangat berbahaya dan bisa menjadi biang kecelakaan.

768

Velg bermasalah tersbeut di antaranya adalah velg yang tidak lurus dengan tromol yang biasa di sebut dengan speleng yang akan berpengaruh pada keakuratan putaran roda. Jika sudah di jumpai kerusakan velg motor seperti itu, maka hendaklah memperbaiki velg tersebut atau menggantinya dengan yang baru lagi jika di perlukan.

Untuk pengecekan velg motor yang baik, harus di lakukan secara rutin agar velg motor tidak bermasalah dan masih nyaman di pakai :

Berikut merupakan tips pengecekan Velg Motor :

  1. Periksalah tekanan angin pada ban motor, pastikan tekanan angina sudah optimal dan tidak terlalu keras ataupun terlalu kempes. Jika tekanan angin pada ban kurang dari standart maka akan menyebabkan velg menahan benturan yang keras saat di jalan, apalagi jika melibas lubang – lubang yang ada di jalan. Jika hal itu sudah terjadi maka velg akan cepat bengkok dan tidak lurus dengan tromol atau spleng.
  2. Jangan sengaja menabrakkan atau membenturkan ban dengan benda yang keras, karena itu mengakibatkan velg cepat tergores dan akhirnya retak. Serta ruji akan menjadi bengkok. Apalagi jika sudah terjatuh dan velg bengkok, ini akan menjadi masalah yang harus di tangani akan tidak berkelanjutan.
  3. Janganlah mengangkut barang dengan kapasitas yang berlebihan. Usahakan beban yang di angkut tidak melebihi kapasitas ban atau velg yang di miliki oleh motor. Jika tetap di paksakan velg akan cepat bengkok dan retak. Ini akan menimbulkan masalah baru dan akan dengan mudah membuat anda celaka.
  4. Jika sudah terjadi bengkok dan retak pada velg. Segeralah perbaiki velg tersebut dengan cara yang benar. Bawalah ke bengkel yang sudah berpengalaman di bidangnya agar velg bisa di perbaiki dan bisa di gunakan kembali. Tetapi jika sudah parah dan tidak bisa di perbaiki, ada baiknya anda menggantinya dengan velg yang baru lagi.

Demikianlah artikel Tips Pengecekan Velg Motor ini, semoga dapat membantu anda agar bisa lebih memperhatikan velg motor yang anda miliki agar lebih .terimakasih.

Tags: #pengecekan #tips terbaru #tips velg motor